Responsi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Teknologi Universitas Battuta Berbasis WEKA

Authors

  • Roy Nuary Singarimbun Universitas Battuta
  • Eka Hayana Hasibuan Universitas Battuta

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12620

Keywords:

Tutorial program, Aljabar linear, Hasil belajar mahasiswa

Abstract

Mata kuliah Aljabar Linear merupakan salah satu mata kuliah fakultas teknologi yang harus dikuasai pada setiap program studi pada fakultas teknologi. Aljabar Linear ini termasuk ilmu matematika, sehingga dosen pengampuh harus menguasainya, kinerja mahasiswa merupakan hasil belajar dalam memahami aljabar linear, beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan aljabar linear tidak baik hasil studinya, hal ini karena tidak dimaksimalkan dengan baik pada mata kuliah aljabar linear, bisa jadi karena studi mahasiswa terbatas dan belum menyempurnakan konsep yang terlibat. Program respon/tutorial dianggap sebagai salah satu solusi yang dapat diadopsi untuk memaksimalkan kinerja dan hasil studi mahasiswa. Memahami program jawaban/tutorial memungkinkan mahasiswa untuk mengeksplorasi konsep dan masalah yang memiliki hubungan lebih dalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh program jawaban/tutorial terhadap pembelajaran pada mata kuliah aljabar linear. Performansi mahasiswa dalam pembelajaran aljabar linear sangat mempengaruhi hasil studi dan kemampuan membuat konsep, logika seperti halnya nanti di mata kuliah algoritma dan pemograman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program solusi/tutorial memiliki dampak yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa fakultas teknologi di universitas battuta dengan nilai rata-rata pada nilai A = 3.325, B+ = 6.9, B = 8.135, C+ = 8.87 dan nilai rata-rata C = 4.185.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Nuary Singarimbun, R. ., & Hayana Hasibuan, E. . (2023). Responsi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Teknologi Universitas Battuta Berbasis WEKA. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1122-1129. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12620