Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Baju Adat Dan Tari Daerah Untuk Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus : SDN 16 Belimbing)

Authors

  • Relli Susanti Universitas Prabumulih
  • Suhartini Universitas Prabumulih
  • Ariansyah Universitas Prabumulih

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.12981

Keywords:

Aplikasi Media Pembelajara, Seni Budaya, Adobe Flash CS8

Abstract

Pendidikan mengenai Seni Budaya khususnya baju adat dan tari daerah penting sekali untuk siswa karena mereka bisa memperdalam cinta nya kepada budaya Indonesia. Media buku sebagai pembelajaran dapat membuat siswa menjadi bosan karena penyajiannya yang begitu – begitu saja. Waktu belajar yang tidak lama serta pertemuan antara guru dan siswa yang terbatas khususnya dalam mata pelajaran seni budaya menjadi kendala dalam mempelajari baju adat dan tari daerah. Oleh karena itu peneliti membuat media pembelajaran mengenali baju adat dan tari daerah mata pelajaran seni budaya menggunakan Adobe Flash CS8 baru dengan mengatasi kejenuhan tersebut. Dengan membuat media pembelajaran mengenali baju dan tari daerah dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS8 dapat memberikan gambar dan tampilan video – video yang menarik. Penulisan ini akan meyajikan informasi tentang materi baju adat, tari daerah dan soal evaluasi. Adapun saran yang disampaikan adalah agar SD Negeri 16 Belimbing dapat memanfaatkan media secara optimal dan sarana yang ada agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, dan untuk peneliti lebih lanjut agar dapat mengembangkan aplikasi Adobe Flash C8 dengan menghasilkan media yang lebih lengkap dengan menggunakan program yang lebih baik.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Susanti, R. ., Suhartini, & Ariansyah. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Baju Adat Dan Tari Daerah Untuk Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus : SDN 16 Belimbing). Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 1749-1753. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.12981