Pengaruh Harga Kompetitif Dan Kinerja Layanan Terhadap Minat Menginap Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
10.33395/jmp.v12i2.13021Keywords:
Harga, Kualitas Layanan, Loyalitas, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pelanggan tentang harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas, pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh harga terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan dan pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini bersifat explanatory research, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Harga berpengaruh signifikan terhadap terhadap loyalitas, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan terbukti sebagai variabel mediasi pengaruh harga terhadap loyalitas dimediasi oleh kepuasan pelanggan dan kepuasan terbukti sebagai variabel mediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas dimediasi oleh kepuasan pelanggan.