Peranan Bagian Keuangan Dalam Pengelolaan Anggaran Untuk Program Kerja di Sekretariat DPRD Kabupaten Labuhanbatu

Authors

  • Juwita Putri Wulandari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13147

Keywords:

Bagian Keuangan, Pengelolaan Anggaran, Program Kerja

Abstract

Tanggung jawab Sekretariat DPRD antara lain mengawasi pengelolaan kesekretariatan dan keuangan, membantu pelaksanaan kewajiban DPRD, serta menyediakan dan mengatur staf khusus yang diperlukan DPRD dalam rangka melaksanakan mandatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi bagian keuangan dalam pengelolaan anggaran program kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah catatan dan wawancara. Dokumentasi, percakapan tatap muka, dan pedoman wawancara berfungsi sebagai instrumen pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bagian keuangan yang membidangi administrasi keuangan membuat rencana setelah berkonsultasi dengan anggota DPRD. Hal ini memungkinkan rencana kerja anggota DPRD diubah sesuai dengan keterbatasan anggaran yang ada, sehingga memudahkan anggota direksi dalam melaksanakan inisiatifnya.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Putri Wulandari, J., & Aisyah, S. . (2023). Peranan Bagian Keuangan Dalam Pengelolaan Anggaran Untuk Program Kerja di Sekretariat DPRD Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2067-2073. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13147