Penerapan Metode Sugeno Dalam Memprediksikan Turun Naiknya Harga Jual Pada PT.Yuki Abadi

Authors

  • Sutrisno Arianto Pasaribu Universitas Mahkota Tricom Unggul
  • Ahmad Rozy Universitas Mahkota Tricom Unggul

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13171

Keywords:

Logika Fuzzy, Metode Sugeno, Prediksi

Abstract

Prediksi naik turunnya harga merupakan hal yang paling penting bagi sebuah usaha penjualan barang. Karena setiap perusahaan penjualan harus bisa menentukan arah dan kelangsungan usaha sepanjang waktu untuk tetap mendapatkan keuntungan. Permasalahan yang muncul adalah sering terjadi kesalahan dalam memprediksi naik turunnya harga barang. Hal ini dikarenakan dalam melakukan prediksi perusahaan penjualan barang menggunakan hal-hal yang berhubungan dengan kebiasaan. Ada kalanya harga diprediksi naik, padahal harga mengalami penurunan. Ataupun sebaliknya harga diprediksi turun, harga malah mengalami penurunan.

Sitem pendukung keputusan dengan menggunakan Logika Fuzzy Metode Sugeno  yaitu     suatu logika dimana menggabungkan suatu pertidaksamaan, bahasa komunikasi  dan  perhitungan  kekuatan  komputer  untuk  menghasilkan  kecerdasan tinggi, kuat dan sistem  pemikiran yang fleksibel. Logika Fuzzy memiliki keunggulan dalam  memodelkan  aspek  kualitatif  dari   pengetahuan  manusia  serta  mampu menangani  sesuatu hal yang bersifat ketidakjelasan dan ketidakpastian serta logika fuzzy bersifat dinamis.

Pada umumnya naik turunnya harga jual barang pada perusahaan ditentukan dengan berdasarkan jenis barang dan kwalitas barang. Berdasarkan hasil pengujian, sitem yang dibangun dapat mendukung sitem keputusan prediksi turun naiknya harga jual barang, dapat mempercepat proses hasil prediksi.

 

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Arianto Pasaribu, S., & Rozy , A. . (2023). Penerapan Metode Sugeno Dalam Memprediksikan Turun Naiknya Harga Jual Pada PT.Yuki Abadi. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2127-2134. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13171

Most read articles by the same author(s)