Simulasi Furnitur Ruang dengan Augmented Reality Menggunakan Marker Based Tracking

Authors

  • Dewi Widyawati Universitas Muslim Indonesia
  • Sugiarti Sugiarti Universitas Muslim Indonesia
  • Sitti Rahmah Jabir Universitas Muslim Indonesia

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13236

Keywords:

Augmented Reality, Marker-Based Tracking, MDLC

Abstract

AR menjadi sarana inovatif untuk memfasilitasi pengguna dalam mendesain dan menyesuaikan tata letak furnitur ruang secara virtual sebelum implementasi fisik. Penelitian ini fokus pada pengembangan sistem simulasi furnitur ruang berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan metode Marker-Based Tracking dengan menerapkan metodologi penelitian Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai kerangka kerja untuk memandu proses pengembangan yang terstruktur, mulai dari perencanaan hingga implementasi. Langkah-langkah penelitian melibatkan identifikasi kebutuhan pengguna, perancangan konsep AR, pengembangan prototipe, implementasi, dan evaluasi. Metode marker-based tracking digunakan untuk meningkatkan akurasi penempatan objek virtual dalam lingkungan fisik. Kontribusi diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengalaman pengguna dalam desain interior, memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan furnitur ruang secara lebih dinamis dan efektif

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Widyawati, D., Sugiarti, S., & Rahmah Jabir, S. . (2023). Simulasi Furnitur Ruang dengan Augmented Reality Menggunakan Marker Based Tracking . Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2286-2293. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13236