Merancang dan Mengembangkan Game Kartu Memori Berbasis Web sebagai Media Pendidikan untuk Anak-anak

Authors

  • Nurul Helda Universitas Teuku Umar
  • Sanusi Sanusi Universitas Teuku Umar
  • Rivansyah Suhendra Universitas Teuku Umar

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13252

Keywords:

Perancangan, Pengembangan, Game Web, Kartu Memori, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan game kartu memori berbasis web sebagai platform pembelajaran inovatif khusus untuk anak-anak. Dengan menggunakan Figma sebagai alat perancangan, Vercel untuk penyebaran, dan PageSpeed Insight untuk pengujian kinerja, game ini tidak hanya dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan tetapi juga untuk menjadi alat pembelajaran interaktif yang efektif. Hasil pengujian menunjukkan pencapaian nilai optimal sebesar 99 pada PageSpeed Insight, menggambarkan kinerja tinggi dan responsivitas game. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menghasilkan produk yang berkualitas tinggi tetapi juga membuka pintu bagi pendidikan inovatif dengan memanfaatkan integrasi teknologi dalam pengalaman belajar anak-anak. Penggunaan game kartu memori sebagai medium pembelajaran dapat merangsang kreativitas, meningkatkan keterampilan kognitif, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Dengan demikian, kontribusi ini diharapkan dapat memberikan landasan bagi pengembangan lebih lanjut dalam pendekatan pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk perkembangan anak-anak.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Helda, N. ., Sanusi, S., & Suhendra, R. . (2023). Merancang dan Mengembangkan Game Kartu Memori Berbasis Web sebagai Media Pendidikan untuk Anak-anak. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2326-2332. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13252