Peran Dan Strategi Peningkatan Sertifikasi Halal Dalam Ekspor Produk Halal Di Pasar Internasional

Authors

  • Hendra Ibrahim Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nisya Fauziah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13311

Keywords:

product, halal, bisnis

Abstract

Di era globalisasi, bisnis produk halal tidak diragukan lagi menjadi salah satu bidang yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian dunia. Sektor produk halal merupakan bidang yang mendominasi bisnis perdagangan global. Dalam hal ini, produk halal telah menjadi keuntungan bagi siapa saja yang menggunakannya,dan menjalankan perusahaan produk halal. Dengan populasi Muslim terbesar, Indonesia mempunyai peluang besar untuk mempengaruhi pasar industri halal dunia. Diperlukan upaya besar untuk merangsang kebangkitan kembali sektor produk halal Indonesia agar industri produk halal lokal dapat tumbuh subur dan berkembang pesat serta menjaga keseimbangan perdagangan produk halal global. Dengan pertumbuhan populasi Muslim dunia, potensi pertumbuhan industri halal semakin meningkat. Tantangan dalam upaya peningkatan ekspor produk halal Indonesia antara lain (i) kurang fokus pada pengembangan produk halal, karena ekspor bahan baku pertambangan dan perkebunan masih menjadi prioritas di Indonesia; ) Terdapat pesaing dari negara non-Asia. Negara-negara Islam sedang mengembangkan industri halal, namun (iii) kurangnya pemahaman pemangku kepentingan UMKM tentang pentingnya sertifikasi halal. Oleh karena itu, strategi yang perlu dilakukan antara lain (i) meningkatkan daya saing produk halal Indonesia, dan (ii) mengoptimalkan peran aparat pemerintah asing serta melibatkan UMKM dalam pameran di luar negeri dan mengekspor produk halal, termasuk memaksimalkan akses pasar. Perjanjian perdagangan yang menguntungkan. (iii) mendukung ekspor UMKM dalam rantai pasok global, dan (iv) mengoptimalkan pemanfaatan e-commerce melalui pelatihan dan dukungan bagi pelaku UMKM untuk mengakses pasar digital

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Ibrahim, H., & Fauziah, N. (2023). Peran Dan Strategi Peningkatan Sertifikasi Halal Dalam Ekspor Produk Halal Di Pasar Internasional. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2567-2571. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13311