Budaya Organisasi Sebagai Faktor yang Berpengaruh dalam Menentukan Kinerja Karyawan dan Kualitas Layanan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening
DOI:
10.33395/jmp.v13i1.13708Keywords:
Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Kualitas LayananAbstract
Organisasi wajib untuk memahami dan mengerti budaya organisasi yang diterapkan secara jelas dan rinci, hal itu disebabkan budaya organisasi mempunyai ciri khas yang berbeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada Bank Mandiri Mikro Banking di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh dengan teknik kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 52 orang karyawan Bank Mandiri Mikro Banking di Kota Malang yang berinteraksi langsung dengan nasabah. Penelitian ini mempunyai empat hipotesis dengan uji analisis menggunakan SEM PLS 4. Pada penelitian ini peneliti membahas yang berkaitan dengan hubungan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Didalam penelitian ini peneliti juga menambahkan indicator dari kualitas layanan pada indicator kinerja untuk mengukur kinerja karyawan dalam kaitannya dengan kualitas layanan Bank Mandiri Mikro Banking di Kota Malang. Hasil dari uji analisis didalam penelitian ini, hipotesis pertama budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, hipotesis kedua budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, hipotesis ketiga kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, hipotesis keempat budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa kinerja karyawan dalam kaitannya dengan kualitas layanan di Bank Mandiri Mikro Banking di Kota Malang sudah sangat baik.