Strategi Promosi Pelanggan Toko Busana Muslim Dalam Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Mohammad Ikhsan Kurnia Universitas Bakti Tunas Husada
  • Rendy Sudirman Universitas Bakti Tunas Husada
  • Muhammad Iqbal Al-Munawar Universitas Bakti Tunas Husada

DOI:

10.33395/jmp.v13i1.13768

Abstract

Industri busana muslim di Indonesia semakin berkembang pesat. Berbagai merek busana syar’i bermunculan dalam dua dekade terahir untuk menarget pasar keluarga muslim potensial. Ada cukup banyak bisnis busana muslim yang masih eksis, namun sebagian diantaranya tidak mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Salah satu yang menentukan kinerja bisnis tersebut adalah strategi promosi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan busana muslim bermerek Si.Se.Sa dengan melakukan komparasi strategi promosi yang diterapkan oleh Rabbani dan Elzatta sebagai merek busaha muslim yang telah eksis lebih dulu.  Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti melakukan analisis konten terhadap website dan akun Shopee yang dimiliki oleh ketiga merek tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Si.Se.Sa merupakan merek busana muslim yang lebih manargetkan pasar kelas menengah-atas dengan menyediakan produk-produk dengan harga yang lebih mahal. Jika dibandingkan dengan Rabbani dan Elzatta, Si.Se.Sa masih sedikit menjalankan strategi promosi pelanggan, diantaranya hanya memberikan garansi bebas pengembalian dan memiliki program reseller. Strategi tersebut berbeda dengan strategi promosi yang dilakukan oleh Rabbani dan Elzatta, seperti pemberian diskon dan voucher. Meskipun demikian, ketiga merek tersebut tidak ada yang melakukan strategi promosi berupa program frekuensi, paket bonus, pemasaran kontes dan kupon.

 

Kata Kunci: Promosi, Pelanggan, Busana, Muslim

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Kurnia, M. I. ., Sudirman, R. ., & Al-Munawar, M. I. . (2024). Strategi Promosi Pelanggan Toko Busana Muslim Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 668-674. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13768

Most read articles by the same author(s)