Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar di BEI

Authors

  • Euis Ratnasari STIE Ekadharma Indonesia
  • Rinaldi Sri Herlambang STIE Ekadharma Indonesia
  • Adi Suprayoga STIE Ekadharma Indonesia

DOI:

10.33395/jmp.v13i1.13771

Keywords:

Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Manajemen Keuangan

Abstract

Keberlangsungan hidup perusahaan bergantung pada kemampuannya dalam mencari laba. Kemampuan ini dapat dianalisis dengan menggunakan rasio laporan keuangan, seperti Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas perusahaan sektor otomotif dan komponen di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2021.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021 yang berjumlah 16 perusahaan. Berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 9 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dari laporan keuangan yang dipublikasikan di website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id dan website perusahaan terkait. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. (2) Solvabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas. (3) Likuiditas dan Solvabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas dan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 29,6%.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Ratnasari, E., Herlambang, R. S. ., & Suprayoga, A. . (2024). Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 647-656. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13771