Analisis Clustering Untuk Menentukan Siswa Berprestasi di SMK Swasta TI Panca Dharma Stungkit Menggunakan Metode K-Means

Authors

  • Dicky Apriandi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Rahayu Mayang Sari Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Muhammad Irfan Sarif Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

10.33395/jmp.v13i1.13959

Keywords:

Clustering, Siswa, Berprestasi, K-Means

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang amat penting dalam masyarakat karena pendidikan merupakan upaya untuk memperbaiki taraf hidup manusia. Peningkatan mutu pendidikan merupakan prioritas kebijakan umum pembangunan di Indonesia yang harus terus diperhatikan. Faktor yang memiliki pengaruh besar dalam pencapaian tersebut adalah guru yang memberikan pengajaran efektif dan berkualitas. SMK TI Panca Dharma Stungkit yang beralamat di Jln. Kata Jadi Stungkit, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumut. Penilaian prestasi siswa yaitu mata pelajaran baik teori dan praktek, penilaian ekstrakurikuler kehadiran dan ketidakhadiran siswa dan pada saat mengikuti ekstrakulikuler, yang dikategorikan dalam nilai pengetahuan, nilai keterampilan dan penilaan sikap. metode untuk mengolahnya menjadi sebuah informasi dan pengetahuan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pendidik dalam proses pengambilan kebijakan dan keputusan yaitu dengan metode K-Means.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Apriandi, D., Sari, R. M. ., & Sarif, M. I. . (2024). Analisis Clustering Untuk Menentukan Siswa Berprestasi di SMK Swasta TI Panca Dharma Stungkit Menggunakan Metode K-Means. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 1117-1129. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13959