Penerapan Sop Lost And Found Pada Departement Houskeeping
DOI:
10.33395/jmp.v13i2.14064Keywords:
Lost And Found, HousekeepingAbstract
Dalam hospitality industry seperti hotel kenyamanan dan keamanan merupakan salah satu hal yang paling dicari oleh para wisatawan. Beberapa faktor menjadi pertimbangan para wisatawan dalam memilih hotel yang ingin mereka singgahi saat berlibur salah satunya dari fasilitas yang disediakan. Banyak fasilitas yang disediakan oleh hotel dan bervariasi tergantung dengan bintang atau rating dari hotel tersebut. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh hotel adalah lost and found barang tamu. Lost and found dikelola oleh departemen housekeeping dengan mengikuti beberapa standart operational procedure (SOP) yang dimiliki oleh hotel. Pada penelitian ini penulis menganalisis penerapan standart operational procedure (SOP) penanganan lost and found di hotel Santika Premiere Slipi sudah terlaksana dengan baik dan sudah sesuai. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dimana penulis meringkas data yang diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada Excecutive Housekeeper, Supervisor, Order Taker, dan Room attendant hotel Santika Premiere Slipi. Pada penelitian ini ddiketahui bahwa penerapan standart operational procedure (SOP) sudah sesuai dan terlaksana dengan baik.