Pengaruh Strategi Produk dan Inovasi Berwirausaha terhadap Keberhasilan Usaha
DOI:
10.33395/jmp.v13i2.14124Keywords:
Inovasi Berwirausaha, Keberhasilan Usaha, Strategi ProdukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh antara Strategi Produk dan Inovasi Berwirausaha terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada UMKM di Kelurahan Antapani Wetan). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 93 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan Strategi Produk dan Inovasi Berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM di Kelurahan Antapani Wetan. Secara parsial Keberhasilan Usaha dipengaruhi oleh variabel Strategi Produk sebesar 36,43% dan dipengaruhi oleh variabel Inovasi Berwirausaha sebesar 21,32%. Maka besarnya total dari variabel Strategi Produk dan Inovasi Berwirausaha ditunjukan oleh besarnya koefisien determinasi R2 = 0,57700 atau sebesar 57,7% sedangkan pengaruh variabel luar atau kekeliruannya sebesar 43,3%.