Keberadaan Website Traveloka dan Kepuasan Pengguna di Indonesia
DOI:
10.33395/jmp.v13i2.14173Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji keberadaan website Traveloka dalam kaitannya dengan kepuasan pengguna di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Objek penelitian ini adalah empat kajian empiris yang memaparkan keberadaan website Traveloka bagi pengguna di Penajam Paser Utara, Medan, dan Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui editing, organizing, dan finding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keempat kajian empiris melakukan pengukuran kualitas website mengacu pada tiga indikator, yaitu penggunaan, kualitas informasi, dan interaksi, sementara dalam artikel lain, kualitas website dapat diukur melalui indikator-indikator, seperti kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, and desain website; 2) kualitas website dapat dikaji menggunakan metode penelitian WebQual dan metode penelitian kuantitatif dimana metode penelitian WebQual digunakan saat mengkaji pengaruh kualitas website dengan kepuasan pengguna, sementara metode penelitian kuantitatif digunakan saat mengkaji pengaruh kepercayaan, harga, dan kualitas website terhadap kepuasan pengguna; dan 3) ada dua kajian empiris yang memberikan hasil penelitian berbeda terkait pengaruh kualitas website dengan kepuasan pengguna dimana penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 pengaruh paling besar ada pada interaksi, sementara penelitian yang dilakukan pada tahun 2022 hal berpengaruh ada pada kualitas informasi.