Rancang Bangun Game Pixel Adventure 2D Menggunakan UNITY

Authors

  • Eriyan Pratama Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Nokianta Syah Putra Sitepu Universitas Pembangunan Panca Budi
  • M.zein Farhan Nugraha Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Niko Surya Atmaja Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

10.33395/jmp.v13i2.14353

Keywords:

Game, Game 2D, Unity 2D, Finite State Machine, Pixel Adventure

Abstract

Game pixel adventure adalah salah satu game populer dari tahun-ketahun bisa dimainkan semua kalangan, dimana pemain ini mengendalikan karakter untuk begerak maju, mundur, dan lompat dari satu platform ke flatform lainnya agar bisa sampai ditujuan akhirnya. Dalam perancangan Game Pixel Adventure ini menggunakan aplikasi software Unity 2D dengan menerapkan metode Algoritma Finite State Machine yang digunakan sebagai alur kontrol permainan dan merancang perilaku musuh. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi pustaka untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam perancangan game. Hasil output dari game ini menunjukkan semua fungsi bekerja dengan baik dan dapat digunakan sebagai hiburan. Game ini dirancang agar para pemainnya dapat saling berkompetisi sehingga para pemain dapat terus merasa tertantang untuk terus bermain sampai menang. Terlebih, adventure games saat ini sudah banyak di jumpai di pasaran, sehingga perancang dan pengembang adventure games harus mampu menciptakan jalan cerita yang unik, menarik, dan menantang agar para pemain tergugah untuk menuntaskan misi permainan sampai akhir. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Game “pixel adventure” memiliki tujuan untuk sampai ke tujuan atau finish

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Pratama, E., Sitepu, N. S. P. ., Nugraha, M. F. ., & Atmaja, N. S. . (2024). Rancang Bangun Game Pixel Adventure 2D Menggunakan UNITY. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2008-2013. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14353