Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Tafsir Mimpi Menggunakan Figma
DOI:
10.33395/jmp.v13i2.14415Keywords:
Design Thinking, Figma, Tafsir Mimpi, User Interface, User ExperienceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) Aplikasi Tafsir Mimpi berbasis android dengan menggunakan Figma. Penelitian ini melibatkan calon pengguna aplikasi, yaitu masyarakat yang ingin mengetahui tafsir mimpi yang dialaminya terutama mimpi yang sampai mengganggu kualitas tidur, membuat perasaan menjadi cemas atau takut, hingga berdampak pada kehidupan sehari-hari. Perancangan UI/UX dibuat berdasarkan lima tahapan Design Thinking, yaitu Empathy, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe UI/UX aplikasi Tafsir Mimpi “About Your Dream” berbasis android yang dibuat menggunakan software Figma. Uji coba dilakukan pada calon pengguna untuk mengetahui respons dan pemahaman calon pengguna terhadap desain yang dibuat. Pengujian dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk mengevaluasi kemudahan penggunaan aplikasi. Hasil pengujian prototipe aplikasi dengan SUS mendapat skor SUS sebesar 82,33, yang masuk dalam kategori “Good” dengan nilai B pada grade scale sehingga dapat disimpulkan prototipe aplikasi Tafsir Mimpi ini dapat diterima dengan baik dan sudah memenuhi kebutuhan pengguna.