Perancangan Sistem Informasi Antrean Pembayaran Pemakaian Air Berbasis Web di PDAM Kabupaten Sumba Timur

Authors

  • Rexi Kanatalo Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Rambu Yetti Kalaway Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Reynaldi Thimotius Abineno Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

10.33395/jmp.v14i1.14549

Keywords:

Sistem Informasi, Antrean, PDAM, Web, Metode Waterfall

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi, memiliki peran penting dalam berbagai sektor, termasuk perusahaan, institusi pendidikan, dan rumah sakit. Sistem informasi kini menjadi aspek utama yang mendukung pengelolaan data dan penyampaian informasi secara efisien. Salah satunya PDAM Kabupaten Sumba Timur adalah salah satu perusahaan daerah yang bergerak di bidang pelayanan penyedia air bersih dimana dalam proses pembayaran air masih melakukan antrean dengan melakukan pengambilan nomor selanjutnya akan mendapatkan pelayanan hal ini mengakibatkan antrean panjang dalam melakukan pembayaran, dan pengaduan. Berdasarkan Observasi yang dilakukan pada PDAM Sumba Timur, terdapat banyak antrean masyarakat dengan tujuan melakukan pembayaran air serta pengaduan terkait pelayanan air. Pada hasil Observasi tersebut Masyarakat dilayani dengan waktu estimasi setiap orang sekitar 4-6 menit tergantung berapa banyak nomor rekening meteran air yang di miliki oleh masyarakat, atau pengaduan dan permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Proses ini  menyebabkan antrean yang panjang terutama pada saat jam sibuk yang membuat beberapa masyarakat tidak terlayani. Hal ini menyebabkan pelayanan menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan pembayaran dan pengaduan secara realtime. Dengan adanya sebuah sistem yang dapat diakses dari mana saja, baik di rumah maupun di luar, dengan hanya mengisi data diri dan jenis layanan yang dibutuhkan akan memudahkan masyarakat tanpa harus melakukan antrean. Implementasi sistem antrean online ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi, mengurangi antrean fisik, serta memperbaiki kualitas pelayanan PDAM Kabupaten Sumba Timur. Sistem dikembangkan menggunakan metode Waterfall dengan menerapakan alur yang ada seperti Analisis Kebutuhan, Desain, Implementasi, Pengujian dan Pemeliharaan sehingga sistem yang dikembangkan berjalan dengan baik.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Kanatalo, R. ., Kalaway, R. Y. ., & Abineno , R. T. . (2025). Perancangan Sistem Informasi Antrean Pembayaran Pemakaian Air Berbasis Web di PDAM Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14549

Most read articles by the same author(s)