Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini: Studi Kualitatif di PAUD
DOI:
10.33395/jmp.v14i1.14655Keywords:
Anak Usia Dini, Metode Proyek, Minat Belajar, PAUD, Pembelajaran AktifAbstract
Minat belajar pada anak usia dini berperan penting dalam membentuk kesiapan akademik mereka di masa mendatang. Namun, banyak anak mengalami penurunan minat belajar akibat metode pembelajaran yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode proyek dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara pada 20 anak usia 5-6 tahun di salah satu PAUD. Data dikumpulkan selama empat minggu melalui pengamatan langsung terhadap partisipasi dan antusiasme anak dalam kegiatan berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek mampu meningkatkan minat belajar anak secara signifikan, ditandai dengan peningkatan partisipasi aktif sebesar 40% serta peningkatan motivasi belajar yang diamati melalui keterlibatan anak dalam setiap tahap proyek. Kesimpulannya, metode proyek memberikan dampak positif terhadap minat belajar anak usia dini dengan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, eksploratif, dan berbasis pengalaman nyata. Implikasi penelitian ini mendorong penerapan metode proyek secara lebih luas dalam kurikulum PAUD guna meningkatkan kualitas pembelajaran.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Minfo Polgan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.