Peran Mahasiswa Magang Dalam Mendukung Pengelolaan Data Pendidikan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII

Authors

  • Atiatul Padila Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Fitri Amelia Sari Lubis Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Pria Madoni Harahap Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara
  • Rusmala Dewi Nasution Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara

DOI:

10.33395/jmp.v14i2.15371

Keywords:

Magang, Dapodik, Administrasi Pendidikan, Pengelolaan Data, Soft Skill

Abstract

Kegiatan magang yang dilaksanakan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam memahami mekanisme kerja birokrasi di bidang pendidikan, khususnya terkait pengelolaan data berbasis digital. Mahasiswa dilibatkan dalam berbagai aktivitas, antara lain proses verifikasi dan persetujuan (approval) data siswa dan guru melalui aplikasi Dapodik, penyusunan rekapitulasi keuangan bendahara, pengelolaan serta pembaruan data pendidikan SMA/SMK/SLB, hingga pengarsipan dokumen administrasi. Melalui keterlibatan tersebut, mahasiswa tidak hanya memperoleh keterampilan teknis dalam administrasi dan manajemen data, tetapi juga mengembangkan soft skill berupa kedisiplinan, komunikasi, kerja sama tim, serta kemampuan beradaptasi dengan budaya kerja birokrasi. Hasil kegiatan magang memperlihatkan adanya keterkaitan yang erat antara akurasi data dengan keberhasilan perumusan kebijakan pendidikan, termasuk dalam penyaluran bantuan, tunjangan guru, maupun peningkatan mutu sekolah. Pengalaman ini juga menegaskan pentingnya integritas, transparansi, dan akuntabilitas dalam tata kelola data serta keuangan publik. Selain itu, mahasiswa menyadari adanya kesenjangan antara teori perkuliahan dan praktik di lapangan, yang menuntut kemampuan problem solving dan komunikasi efektif dalam menghadapi kendala seperti kesalahan input maupun keterbatasan infrastruktur jaringan. Secara keseluruhan, magang ini menjadi sarana strategis untuk menghubungkan pembelajaran akademik dengan kebutuhan kerja profesional, mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dunia kerja, sekaligus memberikan kontribusi nyata terhadap efektivitas tata kelola pendidikan di daerah.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Padila, A., Lubis, F. A. S. ., Harahap, P. M. ., & Nasution, R. D. . (2025). Peran Mahasiswa Magang Dalam Mendukung Pengelolaan Data Pendidikan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII. Jurnal Minfo Polgan, 14(2), 2180-2187. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i2.15371