Game Platformer Berbasis Fuzzy-Fisher Yates Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Sekolah Dasar
DOI:
10.33395/jmp.v12i1.12310Abstract
Pada saat ini Sekolah Dasar menerapkan sistem belajar dengan skema tematik. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan untuk siswa sekolah dasar dimana materi perkalian telah masuk ke dalam kurikulum matematika untuk siswa kelas 2 sekolah dasar. Pada sistem pembelajaran tematik siswa sekolah dasar menggunakan sebuah tema dalam belajar beberapa mata pelajaran yang dikaitkan dengan tema tersebut. Pelajaran matematika perkalian memerlukan pendalaman yang lebih dalam memahami materi sehingga dengan adanya game edukasi pembelajaran perkalian “Petualangan Andi” dapat digunakan sebagai pendamping siswa dalam belajar mandiri materi perkalian. Game tersebut dibungkus dalam sebuah genre bertipe platformer dimana pemainya diharuskan menyelesaikan level yang ada dan menjawab quiz dalam tiap levelnya , tampilan dan cerita disuguhkan secara menarik sehingga dapat membuat antusias pemainya dalam bermain. Pada penerapan metode di dalam game tersebut terdapat metode Fisher-Yattes untuk digunakan mengacak soal kuis dan metode Fuzzy untuk sistem penilaian siswa dalam keberhasilan menjawab keseluruhan soal kuis. Hasil yang didapatkan dalam User Acceptance Testing menunjukkan bahwa 80,6% dari 12 responden mengindikasikan bahwa game ini dapat digunakan sebagai pendamping siswa dalam belajar mandiri materi perkalian.