Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Harga Minyak Goreng Pada Twitter
DOI:
10.33395/jmp.v12i1.12326Keywords:
Sentimen Analisis, Minyak Goreng, Twitter, NBC, PythonAbstract
Pada akhir tahun 2021 atau lebih tepatnya minggu ke-3 bulan desember, masyarakat dihadapkan dengan kelangkaan minyak goreng dan naiknya harga minyak goreng dari harga sebelumnya, hal ini tentu membuat masyarakat resah hingga mengungkapkan keresahannya lewat media sosial twitter dalam bentuk unggahan dan tweet. Hal ini membuat penulis ingin mengetahui bagaimana sentimen masyarakat terhadap harga minyak goreng pada media sosial twitter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana opini masyarakat tentang harga minyak goreng dengan menggnakan metode Naïve Bayes Classifier. Hasil sentimen masyarakat tentang harga minyak goreng pada media sosial twitter ini menunjukan bahwa lebih banyak mendapatkan respon sentimen netral dengan jumblah 94 netral, positif 5, dan negatif 1 dari 100 tweet yang diambil. Data ini didapatkan dengan menggunakan bahasa pemrograman python.