Sentimen Analisis Opini Masyarakat Terhadap UMKM Pada Media Sosial Twitter Dengan Metode Naïve Bayes Classifier

Authors

  • Angga Aditya Permana Universitas Multimedia Nusantara
  • Wahyu Aldhi Noviyanto UMT
  • Dinar Ajeng Kristiyanti UMN

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12337

Keywords:

Sentimen Analisis, UMKM, Twitter, Naive Bayes, Media Sosial

Abstract

Pertumbuhan Twitter selalu meningkat seiring berjalannya waktu, namun masih banyak kekurangan yang ditemukan, seperti sumber daya manusia yang masih belum berkembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Naïve Bayes Classifier (NBC) untuk dilakukan analisis sentimen. Untuk proses penentuan kalimat opini positif, netral atau negatif diambil dari Twitter. Penentuan ini sebagai proses pengklasifikasian. Dengan menggunakan Aplikasi Python 3.77, langkah awal adalah pengambilan data atau disebut crawling lalu di proses menggunakan Bahasa alami yang biasa disebut Natural Languange Processing (NLP) menggunakan library textblob dilanjutkan tahap preprocessing lalu menghitung Probabilitas kata. Sentimen ini untuk mengklasifikasi data tweet menggunakan library TextBlob sebanyak 100 data menghasilkan 58% positif, 37% netral, dan 4% negatif.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Permana, A. A., Noviyanto, W. A., & Kristiyanti, D. A. (2023). Sentimen Analisis Opini Masyarakat Terhadap UMKM Pada Media Sosial Twitter Dengan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 163-170. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12337