Pengaruh Intervensi Musik mnemonik Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD
DOI:
10.33395/jmp.v12i1.12353Keywords:
musik mnemonik, short-term memory, siswaAbstract
Penggunaan musik mnemonik pada anak ditinjau mampu meningkatkan short-term memory dalam menguasai kosakata bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh musik mnemonik terhadap short-term memory anak kelas 4 SD. Partisipan dalam penelitian ini sejumlah 32 siswa kelas 4 SD, dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif kuasi-eksperimen dengan desain penelitian between subject design. Tema kosakata yang diberikan sejumlah 2 yaitu tema hewan dan nama nama hari. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh musik mnemonik terhadap short-term memory siswa kelas 4 SD dalam menguasai kosa kata bahasa inggris.