Pengaruh Intervensi Musik mnemonik Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD

Authors

  • Nurfitriany Fakhri Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
  • Amirah Aminanti Agussalim Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
  • Besse Widah Faridah Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
  • Fathinah Mardatillah Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
  • Sonia Azzuric Abshar Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12353

Keywords:

musik mnemonik, short-term memory, siswa

Abstract

Penggunaan musik mnemonik pada anak ditinjau mampu meningkatkan short-term memory dalam menguasai kosakata bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh musik mnemonik terhadap short-term memory anak kelas 4 SD. Partisipan dalam penelitian ini sejumlah 32 siswa kelas 4 SD, dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif kuasi-eksperimen dengan desain penelitian between subject design. Tema kosakata yang diberikan sejumlah 2 yaitu tema hewan dan nama nama hari. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh musik mnemonik terhadap short-term memory siswa kelas 4 SD dalam menguasai kosa kata bahasa inggris.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Fakhri, N. ., Agussalim, A. A., Faridah, B. W., Mardatillah, F., & Abshar, S. A. (2023). Pengaruh Intervensi Musik mnemonik Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 211-216. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12353

Most read articles by the same author(s)