SPK Penilaian Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Pamekasan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weighting (SAW)

Authors

  • Wahyu Rahayu Universitas Islam Madura
  • Hoiriyah Universitas Islam Madura
  • Bakir Universitas Islam Madura

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12442

Keywords:

system pendung keputusan, Analytical Hierarchy Process (Ahp), Simple Additive Weighting (Saw), pelayanan publik

Abstract

Tujuan penelitian tugas akhir ini untuk mengatahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di kantor pertanahan pamekasan. Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) adalah metode yang dapat digunakan untuk melakukan Penilaian kepuasan masyarakatterhadap pelayanan publik berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan sesuai pedoman . Dimana metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang akan digunakan dalam pembobotan dan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang akan digunakan dalam perangkingan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis berhasil permen PAN dan RB No.14 tahun 2017 membuat aplikasi pendukung keputusan berbasis web. Aplikasi web adalah aplikasi yang akan digunakan administrator untuk menghitung peringkat kepuasan masyarakat atas layanan publik yang baik. Pada saat yang sama, administrator akan menggunakan aplikasi untuk menentukan nilai akhir dari hasil kuesioner yang telah diisi. Berdasarkan alokasi kriteria dan alternatif, diperoleh persentase hasil tingkat pertama untuk survei plot sebesar 98%, nilai persentase tingkat kedua untuk pengelolaan pengaduan sebesar 97%, dan nilai persentase tingkat ketiga untuk pendaftaran informasi sebesar 96%.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Wahyu Rahayu, Hoiriyah, & Bakir. (2023). SPK Penilaian Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor Pertanahan (ATR/BPN) Pamekasan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 490-499. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12442