Sistem Pendukung Keputusan Penetuan Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pengembangan Desa Cerdas (Smart Village) Dengan Interpretive Strucutural Model (ISM)

Authors

  • Dwi Kartony Abdul Jalil Universitas Islam Madura
  • Aang Kisnu Darmawan Universitas Islam Madura
  • Hoiriyah Universitas Islam Madura

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12444

Keywords:

Desa Cerdas, Faktor Pengembangan Desa Cerdas, Interpretive Structural Model

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang dapat mempengaruhi pengembangan Smart Village dengan menggunakan pendekatan Interpretive Structural Modeling (ISM). Pemodelan struktural interpretatif adalah metode yang dapat digunakan untuk menganalisis dan meringkas hubungan antar faktor dalam suatu masalah tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 faktor yang mempengaruhi perkembangan desa pintar. Menurut hasil analisis ISM, komponen utama pembangunan smart village adalah smart government, smart community, smart environment, metode perencanaan berkelanjutan, smart governance, pembaharuan kelembagaan, smart economy, smart transportation, smart tourism, smart health, smart education, Infrastruktur cerdas, memungkinkan layanan cerdas. Studi ini mengusulkan untuk mengembangkan 15 faktor tersebut agar dapat mengembangkan smart village ini,Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan dalam menerapkan program pemerinath dalam merealisasikan 1000 desa cerdas di Indonesia.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Abdul Jalil, D. K., Kisnu Darmawan, A. ., & Hoiriyah. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penetuan Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pengembangan Desa Cerdas (Smart Village) Dengan Interpretive Strucutural Model (ISM). Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 508-513. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12444