Penerapan Pengelolaan Surat-Menyurat Elektronik Dalam Peningkatan Pelayanan Masyarakat Berbasis Online

Authors

  • Nabila Fitria Askha Politeknik Ganesha Medan
  • Surya Hendra Putra Politeknik Ganesha Medan
  • Jamaludin Politeknik Ganesha Medan

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12962

Keywords:

Aplikasi, Pelayanan Masyarakat, Surat-Menyurat Online, Waterfall

Abstract

Pengolahan data surat menyurat perlahan akan beralih dari sistem manual ke sistem komputerisasi dengan tujuan memudahkan pengelolaan data agar lebih terstruktur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Kantor Kepala Desa Sambirejo Timur, saat ini pengolahan data surat masuk, surat keluar arsip dan disposisi masih dilakukan di buku catatan yang beresiko rusak dan rawan hilang. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun Aplikasi berbasis online yang menyediakan solusi efisien dan efektif dalam mengelola, membantu dan mempermudah proses pencatatan atau pengelolaan surat-menyurat. Metode pengembangan aplikasi menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model Waterfall yang bersifat sistematis, dan menggunakan bahasa pemodelan DFD (Data Flow Diagram) dan LRS (Logical Record Structure). Pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan yang meliputi observasi, wawancara, serta studi pustaka. Aplikasi Pengelolaan Surat Menyurat Online ini di bangun menggunakan PHP, JavaScript dan MySQL sebagai database-nya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menerapkan pengelolaan surat-menyurat elektronik dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Desa Sambirejo Timur.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Askha, N. F., Putra, S. H. ., & Jamaludin. (2023). Penerapan Pengelolaan Surat-Menyurat Elektronik Dalam Peningkatan Pelayanan Masyarakat Berbasis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 1644-1655. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12962