Peran Umkm Dalam Strategi Dan Pemasaran Bisnis Internasional

Authors

  • Dinda Syafira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendra Ibrahim Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13296

Keywords:

Peran UMKM Dalam Bisnis Internasioanal, Strategi Bisnis Internasional, Pemasaran Bisnis Internasional

Abstract

Kegiatan ekspor-impor merupakan mayoritas perdagangan internasional. Komitmen dari berbagai negara dalam kegiatan perdagangan impor mengarah pada pemenuhan kebutuhan setiap negara. Pertukaran global dilakukan berdasarkan kesepakatan yang baru-baru ini disepakati. Usaha, Miniatur, Usaha Kecil dan Menengah atau yang bisa disingkat UMKM. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merujuk pada bisnis dengan skala kecil hingga menengah. Dalam konteks perdagangan internasional, UMKM memainkan peran penting sebagai motor penggerak ekonomi. Mereka sering kali menjadi sumber inovasi, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Dalam perdagangan internasional, UMKM dapat terlibat dalam ekspor dan impor, baik secara langsung maupun melalui keterlibatan dalam rantai pasok global. Mereka dapat memanfaatkan peluang perdagangan internasional untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing mereka. Dukungan kebijakan yang tepat dapat membantu UMKM memanfaatkan potensi perdagangan internasional untuk pertumbuhan bisnis mereka.oleh karena itu, alasan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui apa saja peran UMKM dalam bisnis internasional, strategi UMKM dalam bisnis internasional dan pemasaran UMKM dalam bisnis internasional. Metodologi yang digunakan peneliti ini adalah metode studi literatur dengan mengkaji jurnal yang berkaitan dengan peran usaha mikro kecil dan menengah dalam Strategi dan pemasaran bisnis Internasional. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah memanfaatkan UMKM sebagai sarana untuk kesetabilan prekonomian yang ada di negara. Dan juga sebagai peran penting dalam prekonomian negara dan juga dapar berperan dalam saranan pemasaran ke luar negeri dan pembuatan produk yang akan di ekspor ke luar negara dan menjadi bagian dari bisnis internasional dengan menjadikan UMKM sebagai salah satu strategi bisnis internasional untuk meningkatkan daya saing.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Dinda Syafira, & Hendra Ibrahim. (2023). Peran Umkm Dalam Strategi Dan Pemasaran Bisnis Internasional. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2444-2450. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13296

Most read articles by the same author(s)