Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Makanan Tahu di Kota Bekasi Dengan Metode Analisis SWOT dan Business Model Canvas
DOI:
10.33395/jmp.v13i1.13455Keywords:
Pengembangan Bisnis, Strategi Bisnis, AHP, Matrik SWOTAbstract
Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, telah menetapkan komitmen yang kuat untuk memajukan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pendorongan pengembangan talenta digital dan digitalisasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan merancang strategi pengembangan usaha pada industri makanan tahu menggunakan metode analisis swot dan business model canvas untuk mengetahui dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan. Berdasarkan hasil analisis dari UMKM produsen industri makanan tahu ini meliputi tentang kekuatan pada kualitas produk tahu dan bahan baku lokal maupun interlokal yang baik. Namun, ada kelemahan dalam mengelola manajemen operasional dan pemasaran yang perlu diatasi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Peluang strategis, seperti diversifikasi produk dan penetrasi pasar yang lebih luas, ddiidentifikasi sebagai langkah-langkah potensial untuk pertumbuhan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan pengembangan strategi bisnis UMKM dalam meningkatkan kapasitas produksi, investasi dalam pemasaran digital, dan pelatihan UMKM dalam Pengembangan bisnis tahu ini melalui SWOT, pendekatan penelitian ini oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian ini oleh para pengelola dan stackholder.