Penerapan Algoritma k-means dalam Data Mining untuk Mengidentifikasi Strategi Promosi di Politeknik Ganesha Medan
DOI:
10.33395/jmp.v13i1.13509Keywords:
Data, Informasi, clusteringAbstract
Kemajuan teknologi yang canggih, mulai dari bidang ekonomi, industri, dan teknologi serta berbagai bidang kehidupan lainnya. Penerapan teknologi informasi dalam dunia pendidikan juga dapat menghasilkan data yang berlimpah mengenai mahasiswa dan proses pembelajaran yang dihasilkan. Banyaknya data mahasiswa yang terakumulasi dan tidak di proses secara terus menerus akan memperlambat pencarian informasi terhadap data tersebut. Algoritma K-means clustering salah satu metode pemecah masalah ini. Proses penerimaan mahasiswa baru dalam sebuah perguruan tinggi menghasilkan data yang berlimpah berupa profil dari mahasiswa baru tersebut. Hal ini akan terjadi secara berulang pada sebuah perguruan tinggi. Banyaknya data mahasiswa yang terakumulasi dan tidak di proses dengan baik secara terus menerus akan memperlambat pencarian informasi terhadap data tersebut. Dalam menemukan formula baru, tim pemasaran Politeknik Ganesha Medan sendiri mengalami masalah kurang mencapai target mahasiswa yang diinginkan, maka perlu dilakukan gagasan baru umtuk memecahkan permasalahan tersebut. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah referensi baru dalam penerapan startegi promosi untuk penerimaan mahasiswa baru, dengan membaca pola clustering data mahasiswa.