Rancang Bangun game 2D Pacman Menggunakan Aplikasi Greenfoot Pada Metode Rad

Authors

  • Ine Stye Universitas Battuta
  • Baginda Harahap Universitas Battuta
  • Chairul Imam Universitas Battuta

DOI:

10.33395/jmp.v13i1.13893

Keywords:

Game Pac-man, Aplikasi Greenfoot, Metode RAD

Abstract

Perkembangan teknologi dan game yang saat ini semakin pesat setiap waktunya, sehingga banyak muncul beraneka ragam jenis game. Era globalisasi masa kini ditandai dengan penggunaan teknologi komputer dan smartphone yang semakin meluas di semua bidang kehidupan. Dalam penulisan skripsi ini penulis ingin membuat salah satu game yang dulunya banyak dimainkan orang pada waktu itu ialah game Pacman. Pacman adalah sebuah permainan arkade yang dikembangkan Namco dan diterbitkan Midway; dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco. Pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pacman dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pacman. Untuk alat yang akan digunakan dalam merancang bangun sebuah game yang akan digunakan peneliti dalam pembuatan laporan skripsi ini yaitu Greenfoot, Greenfoot merupakan sebagai aplikasi yang akan digunakan dalam pembuatan. Ini semua dipilih karena aplikasi ini merupakan sebuah program yang dimana pemakai bisa membuat berbagai game berdasarkan kemampuan pembuat, dalam hal ini saya menggunakan aplikasi Greenfoot tersebut, Metode yang digunakan untuk perancang dalam membuat game Pacman ini adalah  metode Rapid Application Development (RAD). yang dimana penulis sudah menentukan alur dalam pebuatan, baik itu dari sesi perancangan, sesi desain, sesi pemrograman yang akan digunakan dalam pembuatan game Pacman ini dalam bentuk laporan Skripsi.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Stye, I. ., Harahap, B., & Imam, C. . (2024). Rancang Bangun game 2D Pacman Menggunakan Aplikasi Greenfoot Pada Metode Rad. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 986-993. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13893