Memahami Kesadaran Peran Akuntan Pendidik Universitas Al Qolam Malang: Sudut Pandang Teori Kesadaran Agus Mustofa
DOI:
10.33395/jmp.v13i1.14196Keywords:
Kesadaran, Peran, Akuntan Pendidik, Universitas Al QolamAbstract
Dalam menghasilkan lulusan sarjana akuntansi yang diminta oleh dunia industri Perguruan Tinggi membutuhkan akuntan pendidik yang berkualitas. Jika kualitas akuntan pendidiknya baik maka kualitas lulusannya juga akan baik begitupun sebaliknya. Dalam kenyataannya, penyebab utama kesenjangan harapan lulusan akuntansi adalah rendahnya keterampilan dan kompetensi pengajar untuk menghasilkan lulusan agar memiliki karir yang sukses. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin memahami kesadaran dosen Program Studi Akuntansi Syariah dalam memahami perannya sebagai akuntan pendidik. Dalam mengungkap kesadaran tersebut peneliti menggunakan studi fenomenologi transendental Edmund Husserl. Hasil dari penelitian ini yaitu kesadaran peran akuntan pendidik terdiri dari memberikan perikatan, pelatihan dan panutan kepada mahasiswa. Jika dikaitkan dengan teori kesadaran Agus Mustofa, teori tersebut secara berurutan termasuk teori inderawi, rasional dan spiritual. Penelitian ini diharapkan sebagai acuan bagi Universitas Al Qolam Malang untuk menilai kesadaran peran Akuntan Pendidik dalam pembelajaran. Setelah memahami pemahaman tersebut sebaiknya pihak Universitas memberikan pelatihan dan dukungan peningkatan kualitas akuntan pendidik agar bisa meningkat pada level yang lebih tinggi dari saat ini