Pengaruh Nilai Fungsional, Nilai Emosional, Dan Nilai Sosial Terhadap Niat Beli Barang Virtual Dalam Game Mobile Legends (Studi Kasus Pada Pemain Game Online Mobile Legends Di Jawa Barat
DOI:
10.33395/jmp.v13i2.14384Keywords:
Nilai Fungsional, Nilai Emosional, Nilai Sosial, Niat Beli, Barang VirtualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai fungsional, emosional, dan sosial terhadap niat beli barang virtual dalam game Mobile Legends. Game ini populer di kalangan pengguna smartphone dengan sistem mikrotransaksi yang memungkinkan pembelian barang virtual seperti skin dan item eksklusif. Topik ini menarik karena meskipun mikrotransaksi terus meningkat, terdapat keluhan pemain terkait kualitas produk yang menimbulkan penurunan niat beli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penurunan pendapatan Mobile Legends sejak 2022, dengan fokus utama pada pengaruh nilai-nilai barang virtual terhadap keputusan pembelian. Data dikumpulkan dari 160 pemain Mobile Legends di Jawa Barat menggunakan kuesioner tertutup berbasis skala Likert dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai fungsional dan emosional memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli barang virtual, sementara nilai sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Kesimpulannya, nilai fungsional dan emosional menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan oleh pengembang game untuk meningkatkan niat beli. Implikasi praktisnya adalah pengembang disarankan untuk mengoptimalkan fitur barang virtual yang memberikan manfaat nyata serta menciptakan pengalaman emosional yang kuat bagi pemain melalui desain visual dan cerita yang menarik.