Membangun Game Interaktif Untuk Mempelajari Shalat Dengan Menerapkan Prinsip Psikologi Dan Kognitif Demi Meningkatkan Retensi Shalat
DOI:
10.33395/jmp.v14i1.14700Keywords:
Game interaktif, Pendidikan agama Islam, Game Development Life Cycle, Psikologi AnalitisAbstract
Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengeksplorasi pembangunan game interaktif yang memanfaatkan prinsip-prinsip psikologi dan kognitif untuk meningkatkan pemahaman dan retensi shalat pada anak sekolah dasar. Dengan meningkatnya minat dalam pendidikan online, penggunaan game interaktif dianggap sebagai solusi inovatif untuk memperkaya proses pembelajaran agama Islam. Penelitian ini fokus pada pengembangan game yang dirancang untuk memperkuat pemahaman konsep beribadah dengan menerapkan psikologi analitis dan kognitif pada anak-anak sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini juga akan mengevaluasi dampak teknologi web terhadap perbaikan design dan pengembangan game interaktif. Pengembangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap motivasi belajar anak, serta menggali lebih dalam mengapa beribadah menjadi penting dalam konteks psikologi agama Islam itu sendiri. Diharapkan pula bahwa penelitian ini dapat memberikan wawasan baru untuk meningkatkan pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi game interaktif berbasis web. Metodologi penelitian yang digunakan mengacu pada Game Development Life Cycle (GDLC). Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan keterampilan anak, memperluas pengetahuan anak tentang game interaktif maupun sisi psikologi dan meningkatkan partisipasi anak dalam pengajaran agama islam di kehidupan sehari-hari.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lutfi Rahman Hartanto, Diana Novita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.