Pengaruh Produk terhadap Keputusan Penggunaan Fitur SeaBank Bayar Instan melalui Promosi pada Pengguna Shopee di Tasikmalaya

Authors

  • Siti Alifah Nur Jamil Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Nandang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ismail Yusup Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

10.33395/jmp.v14i2.15229

Keywords:

Produk, Keputusan Penggunaan, Promosi

Abstract

Kemajuan teknologi perbankan digital di Indonesia mendorong munculnya berbagai inovasi
layanan keuangan, SeaBank adalah salah satu bank digital yang melakukan inovasi pada layanan
keuangan. SeaBank bekerja sama dengan platform e-commerce Shopee dengan menciptakan fitur
SeaBank Bayar Instan untuk mempermudah proses pembayaran. Meskipun fitur ini menawarkan
kemudahan transaksi, namun adopsi fitur ini masih rendah, sehingga perlu dilakukan penelitian
terhadap faktor-faktor yang memengaruhi keputusan penggunaan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mempelajari bagaimana produk memengaruhi keputusan penggunaan fitur SeaBank Bayar
Instan melalui variabel mediasi yaitu promosi pada pengguna Shopee di Tasikmalaya. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Sampel pada
penelitian adalah 384 orang menggunakan rumus lameshow dengan taraf kesalahan 5%. Teknik
pengolahan data menggunakan uji instrumen penelitian yaitu outher model, inner model dan uji
hipotesis dengan menggunakan SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan sebesar 68,1%. Produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi sebesar 91,9%. Promosi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan penggunaan sebesar 30,7%. Produk terhadap keputusan
penggunaan yang dimediasi oleh promosi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 28,2%.
Kualitas produk dapat diketahui oleh pengguna melalui promosi yang dilakukan sehingga
meningkatkan keputusan penggunaan suatu produk sampai akhirnya dapat memunculkan loyalitas
pengguna terhadap produk apabila kualitas produk dapat terus dipertahankan.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Nur Jamil, S. A., Nandang, N., & Yusup, I. . (2025). Pengaruh Produk terhadap Keputusan Penggunaan Fitur SeaBank Bayar Instan melalui Promosi pada Pengguna Shopee di Tasikmalaya. Jurnal Minfo Polgan, 14(2), 1976-1986. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i2.15229