Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK Pancasila Manonjaya

Authors

  • Yulia Sopiati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Nandang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ismail Yusup Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

10.33395/jmp.v14i2.15236

Keywords:

Intensi Berwirausaha, Pembelajaran Kewirausahaan, Siswa Kelas XI di SMK Pancasila Manonjaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI di SMK Pancasila Manonjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sampel terdiri dari 124 responden yang merupakan siswa Kelas XI Di SMK Pancasila Manonjaya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji siginifikan persial dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha sebesar 32,5%, sementara sisanya sebesar 67,5% dipengaruhi faktor lain diluar variabel yang diteliti. Adapun faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi intensi berwirausaha yaitu melalui faktor internal kepribadian, self-efficacy (efikasi diri), need for achievement (kebutuhan berprestasi), dan adversity quotient (tingkat kesulitan) dan faktor eksternal lingkungan dan faktor demografis.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Sopiati, Y., Nandang, N., & Yusup, I. . (2025). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK Pancasila Manonjaya. Jurnal Minfo Polgan, 14(2), 2028-2036. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i2.15236