Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Kerupuk Mekar Sari Jatibening

Authors

  • Ihsanul Kamil Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Ismail Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Nizza Nadya Rachmani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

10.33395/jmp.v14i2.15230

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Pemasaran, UMKM

Abstract

Keputusan pembelian merupakan salah satu bentuk perilaku konsumen yang mencerminkan proses pemilihan terhadap suatu produk berdasarkan kebutuhan dan preferensi konsumen. Dalam konteks UMKM makanan ringan seperti Kerupuk Mekar Sari, kualitas produk dan harga merupakan dua faktor penting yang dapat memengaruhi konsumen dalam menentukan pilihan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk Kerupuk Mekar Sari di Jatibening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, yang diperoleh menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online menggunakan Google Form. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kerupuk Mekar Sari, dengan kontribusi sebesar 70,1%. Sementara itu, 29,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya pengelolaan kualitas dan harga secara konsisten dalam strategi pemasaran UMKM. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain seperti loyalitas konsumen, promosi digital, atau persepsi nilai agar memberikan pemahaman yang lebih komprehensif.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Kamil, I., Yusuf, I. ., & Rachmani, N. N. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Kerupuk Mekar Sari Jatibening. Jurnal Minfo Polgan, 14(2), 1898-1905. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i2.15230