Peningkatan Kompetensi Digital Pelaku UMKM melalui Pelatihan Digital Marketing di Rumah BUMN Tasikmalaya
DOI:
10.33395/jmp.v14i2.15247Keywords:
Kompetens, Digital, Pelatihan Digital Marketing, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didorong untuk mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi digital dalam mengelola usahanya. Kompetensi digital menjadi suatu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh para UMKM agar bisa bersaing pada masa teknologi digital yang terus berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi digital para pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing di Rumah BUMN Tasikmalaya. Penelitian menggunakan metode One Group Time Series Design dengan melibatkan pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan digital marketing pada tanggal 23-30 Juli 2025. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner pretest serta posttest yang dibuat berdasarkan indikator Pelatihan Digital Marketing (Cahyono et al., 2021) sebagai variabel X, dan indikator Peningkatan Kompetensi Digital (Ferrari, 2013) sebagai variabel Y, diukur dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisis data melalui statistik deskriptif guna memperoleh gambaran mengenai profil responden dan distribusi jawaban, perhitungan N-Gain untuk mengukur besaran peningkatan kompetensi digital, uji paired samples t-test yang berfungsi sebagai alat ukur yang akan membedakan nilai signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan untuk melihat kontribusi variabel X terhadap Y, serta uji hipotesis untuk memastikan signifikansi pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis N-Gain mengindikasikan peningkatan kompetensi digital setelah pelatihan secara signifikan pada kategori sedang. Dari hasil uji paired t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), dan mengidentifikasi adanya peningkatan kompetensi digital yang signifikan dari sebelum dilakukan pelatihan dan sesudah dilakukan pelatihan. Hal ini membuktikan bahwa pelatihan digital marketing mampu meningkatkan kemampuan kompetensi digital para pelaku UMKM secara signifikan.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silma Rahmawati, Azizah Fauziyah, Nizza Nadya Rachmani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.