Peningkatan Kompetensi Digital Pelaku UMKM melalui Pelatihan Digital Marketing di Rumah BUMN Tasikmalaya

Authors

  • Silma Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Azizah Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nizza Nadya Rachmani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

10.33395/jmp.v14i2.15247

Keywords:

Kompetens, Digital, Pelatihan Digital Marketing, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) didorong untuk mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi digital dalam mengelola usahanya. Kompetensi digital menjadi suatu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh para UMKM agar bisa bersaing pada masa teknologi digital yang terus berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi digital para pelaku UMKM melalui pelatihan digital marketing di Rumah BUMN Tasikmalaya. Penelitian menggunakan metode One Group Time Series Design dengan melibatkan pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan digital marketing pada tanggal 23-30 Juli 2025. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner pretest serta posttest yang dibuat berdasarkan indikator Pelatihan Digital Marketing (Cahyono et al., 2021) sebagai variabel X, dan indikator Peningkatan Kompetensi Digital (Ferrari, 2013) sebagai variabel Y, diukur dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisis data melalui statistik deskriptif guna memperoleh gambaran mengenai profil responden dan distribusi jawaban, perhitungan N-Gain untuk mengukur besaran peningkatan kompetensi digital, uji paired samples t-test yang berfungsi sebagai alat ukur yang akan membedakan nilai signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan untuk melihat kontribusi variabel X terhadap Y, serta uji hipotesis untuk memastikan signifikansi pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis N-Gain mengindikasikan peningkatan kompetensi digital setelah pelatihan secara signifikan  pada kategori sedang. Dari hasil uji paired t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), dan mengidentifikasi adanya peningkatan kompetensi digital yang signifikan dari sebelum dilakukan pelatihan dan sesudah dilakukan pelatihan. Hal ini membuktikan bahwa pelatihan digital marketing mampu meningkatkan kemampuan kompetensi digital para pelaku UMKM secara signifikan.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Rahmawati, S., Fauziyah, A. ., & Rachmani, N. N. . (2025). Peningkatan Kompetensi Digital Pelaku UMKM melalui Pelatihan Digital Marketing di Rumah BUMN Tasikmalaya. Jurnal Minfo Polgan, 14(2), 2138-2146. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i2.15247