Perancangan Sistem E-Commerce Menggunakan Metode Customer Relationship Management

Authors

  • Asrul Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Mashud Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Muhammad Qadri Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Fadli Tamrin Poloteknik Negeri Ujung Pandang
  • Adnan Setiawan Ilham Universitas Teknologi Akba Makassar

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12343

Keywords:

E-Commerce, Metode CRM, MySql

Abstract

Masalah yang sering dihadapi oleh para penjual, adalah dimana mereka masih menggunakan cara-cara tradisional. Dimana, dalam mencapai efisiensi dan efektifitas dalam hal pemasaran, belum dapat menjangkau pangsa pasar atau pelanggan baru dalam ruang lingkup yang luas. Dengan adanya E-Commerce penjualan dapat memudahkan calon pembeli untuk tidak perlu datang ke toko untuk membeli apa yang mereka sukai dan hanya dengan menggunakan gadget mereka, pelanggan dapat memiliki produk yang mereka sukai atau inginkan, melalui promosi dan meningkatkan omset penjualan. Pada penelitian ini menggunakan metode waterfall dan metode customer relationship management (CRM). Perancangan menggunakan UML, pengkodean menggunakan PHP. Untuk pengujian sistem menggunakan kuesioner dan database menggunakan MySQL. Aplikasi e-commerce dapat dikatakan berhasil dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan layak digunakan berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan kuesioner dari seluruh responden.

 

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Asrul, Mashud, Qadri, M. ., Tamrin, F. ., & Ilham, A. S. . (2023). Perancangan Sistem E-Commerce Menggunakan Metode Customer Relationship Management. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 192-199. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12343