Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Kegiatan Promosi UMKM Windish

Authors

  • Tasya Gebee Hasvia Universitas Internasional Batam
  • Lady Universiitas Internasional Batam
  • Nevi Ariyu De Utami Universiitas Internasional Batam
  • Gita Aulia Universiitas Internasional Batam
  • Joy Happy Jones Universiitas Internasional Batam

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12466

Keywords:

Digital Marketing, Promosi, UMKM, Windish

Abstract

Saat ini UMKM harus dapat mempergunakan media digital sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produknya sehingga konsumen dapat mengenal lebih lanjut produk yang dihasilkan karena digital marketing memungkinkan para pebisnis untuk dengan mudah melakukan promosi dan memberikan layanan kepada konsumen dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, secara cepat, mudah, dan dengan biaya yang murah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM Windish mengenai cara memanfaatkan digital marketing dalam memperluas pemasaran produk, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan jumlah konsumen dari dalam dan luar daerah. Kegiatan ini dilakukan karena pelaku UMKM masih memiliki pengetahuan yang minim tentang digital marketing dan pemasaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan survey, wawancara, implementasi dan evaluasi, serta referensi teori-teori terkait digital marketing sebagai acuan. Hasil penelitian yang dilakukan pada UMKM Windish menunjukkan bahwa saat ini UMKM tersebut telah memiliki beberapa media sosial seperti Facebook, Whatsapp business, Linktree, Website dan Mailchimp sebagai sarana untuk melakukan promosi produk. Kemudian akun Instagram UMKM juga sudah semakin rapi dan menyajikan konten yang lebih informatif serta terdapat pertambahan jumlah followers dan likes pada postingan yang dimiliki, yakni sebesar 65%. Selain itu, pemilik UMKM juga telah memiliki pemahaman tentang Digital Marketing dan mampu mengelola media sosial dengan baik. Dengan memanfaatkan media sosial, UMKM Windish dapat memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada target pasar yang lebih luas, menjalin komunikasi dan interaksi yang lebih baik dengan konsumen, serta meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan untuk memperoleh masukan dan feedback dari konsumen, sehingga UMKM Windish dapat melakukan perbaikan dan pengembangan produk atau layanan secara lebih efektif.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Hasvia, T. G., Lady, De Utami, N. A., Aulia, G., & Jones, J. H. (2023). Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Kegiatan Promosi UMKM Windish . Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 598-610. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12466

Most read articles by the same author(s)