Analisis Penerapan Manajemen Operasional : Managing Quality pada Indomaret

Authors

  • Golan Hasan Universiitas Internasional Batam
  • Devina Wistiasari Universiitas Internasional Batam
  • Tasya Gebee Hasvia Universiitas Internasional Batam
  • Nevi Ariyu De Utami Universiitas Internasional Batam
  • Gita Aulia Universiitas Internasional Batam

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.12414

Keywords:

Covid-19, Indomaret, Kualitas Pelayanan, Operasional, Strategi

Abstract

Indomaret merupakan jaringan waralaba mini market di Indonesia yang menawarkan segala macam kebutuhan sehari-hari dan sembako. Indomaret dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat karena dapat ditemukan di kawasan perumahan, pusat kota, dan juga dalam fasilitas umum. Hal tersebut sejalan dengan motonya yaitu "mudah dan terjangkau" yang mempengaruhi penempatan tokonya. Merek Indomaret dimiliki oleh PT. Indomarco Prismatama dan saat ini memiliki lebih dari 7.868 gerai yang berlokasi di Jawa, Madura, Bali, Sumatera, dan Sulawesi, dimana 40% diwaralabakan dan 60% dimiliki oleh PT. Indomarco Prismatama. Untuk menjalankan aktivitas operasional sebagai sebuah perusahaan retail dan waralaba, manajemen operasional menjadi hal krusial untuk memastikan bahwa tahap dan prosedur operasional berjalan dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kebijakan manajemen operasional Perusahaan Indomaret sebelum, selama, dan sesudah pandemi, serta menganalisis bagaimana kebijakan tersebut membantu perusahaan bertahan selama masa sulit tersebut. Objek penelitian adalah Perusahaan Indomaret dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data yang didasarkan pada teori manajemen operasional, khususnya managing quality. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Perusahaan Indomaret terus menyesuaikan dan merencanakan kembali kebijakan manajemen operasionalnya agar dapat menyesuaikan dengan kondisi pasar dan ekonomi. Oleh karena itu, perusahaan dapat bertahan meskipun menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid-19.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Hasan, G., Wistiasari, D., Hasvia, T. G., De Utami, N. A. ., & Aulia, G. (2023). Analisis Penerapan Manajemen Operasional : Managing Quality pada Indomaret. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 401-410. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.12414