Analisis Penerapan Digital Marketing Pada UMKM MM. Gemini

Authors

  • Lady Universitas Internasional Batam
  • Jenny Lim Universitas Internasional Batam
  • Jery Tango Universitas Internasional Batam
  • Nicholas Fernandes Universitas Internasional Batam
  • Susanti Universitas Internasional Batam
  • Thomas Eddison Universitas Internasional Batam

DOI:

10.33395/jmp.v12i1.12513

Keywords:

Digital Marketing, Brand Awareness, Media Marketing, Media Sosial, UMKM

Abstract

UMKM MM. Gemini merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang Minimarket yang menjual berbagai macam olahan oleh-oleh khas Kota Batam. Meskipun telah berdiri selama beberapa tahun, MM. Gemini masih kesulitan dalam memasarkan produknya secara efektif dan efisien, khususnya dalam memanfaatkan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan digital marketing pada UMKM MM. Gemini dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik UMKM dan pelanggan UMKM MM. Gemini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM MM. Gemini belum menerapkan digital marketing, contohnya belum ada google maps dan sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok. Beberapa kendala yang dihadapi oleh UMKM MM. Gemini dalam menerapkan digital marketing adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola media sosial. Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan strategi digital marketing dan penjualan pada UMKM di Indonesia, khususnya pada UMKM yang bergerak di bidang kuliner dan oleh-oleh khas daerah.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Lady, Lim, J., Tango, J. ., Fernandes, N., Susanti, & Eddison, T. (2023). Analisis Penerapan Digital Marketing Pada UMKM MM. Gemini. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 830-842. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12513