Pengaruh Discount dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Indomaret Simpang Baloho Nias Selatan)

Authors

  • PASKALIS DAKHI UNIRAYA

DOI:

10.33395/jmp.v12i2.13230

Keywords:

Discount, Kualitas Pelayanan dan Minat Beli konsumen

Abstract

Perkembangan industri retail minimarket modern saat ini terlihat dengan semakin bertambahnya jumlah minimarket modern di Indonesia saat ini. Indomaret sebagai salah satu kelompok retail terbesar di Indonesia terus melakukan ekspansi dengan membuka cabang baru di setiap daerah potensial seperti di Nias Selatan. Kecenderungan konsumen belanja pada minimarket modern hal ini disebabkan berbagai faktor pelayanan yang diberikan lebih baik dari retail tradisional. Kenyamanan, keramahan, suasana toko yang menarik, kesejukan, program promosi yang bervariasi, dan pelayanan yang lebih baik merupakan daya tarik yang mempengaruhi konsumen untuk belanja di minimarket modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh discount dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian terbukti bahwa discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Indomaret Simpang Baloho Nias Selatan.Sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen Indomaret Simpang Baloho Nias Selatan.

Perlu menjadi perhatian kepada manajemen toko Indomaret Simpang Baloho agar program discount yang berkelanjutan semakin ditingkatkan, hal ini terbukti mempengaruhi minat beli kemudian untuk kualitas pelayanan meskipun tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen akan tetapi konsumen menganggap bahwa pelayanan kualitas sudah hal sewajarnya didapatkan konsumen ketika belanja di minimarket modern seperti Indomaret. Faktor lain, seperti ketersediaaan produk, suasana toko, kelengkapan item produk, dan harga bisa juga menjadi variabel mempengaruhi minat beli konsumen yang bisa diteliti oleh peneliti lain di masa yang akan datang.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

DAKHI, P. (2023). Pengaruh Discount dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Indomaret Simpang Baloho Nias Selatan). Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2274-2279. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13230