Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Keterampilan Soft Skills Dan Hard Skills
DOI:
10.33395/jmp.v13i2.14119Keywords:
Sumber Daya Manusia, Soft Skills, Hard Skills, Bisnis RitelAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi pengembangan Sumber Daya Manusia melalui keterampilan soft skills dan hard skills dalam rangka meningkatkan daya saing dan mengembangkan bisnis ritel di CV. MGA. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT,”Matriks SWOT, serta IFAS (Internal Factor Analysis Strategy) dan EFAS (External Factor Analysis Strategy).” Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. MGA terlalu fokus pada pencapaian target dan angka, sehingga mengabaikan pengembangan keterampilan soft skill karyawan. Selain itu, karyawan CV. MGA juga kurang menguasai keterampilan teknis (hard skill) seperti teknologi, manajemen stok, analisis data, dan pengoperasian mesin kasir, yang berpengaruh pada performa bisnis retail yang sangat bergantung pada interaksi pelanggan. Sedangkan strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui keterampilan soft skill dan hard skill di CV. MGA berada di Kuadran II, artinya perusahaan menghadapi ancaman eksternal yang tinggi namun memiliki kekuatan internal yang signifikan. Strategi yang diusulkan adalah memanfaatkan kekuatan internal untuk menangkap peluang jangka panjang, merespons perubahan pasar, dan mendorong inovasi produk. Strategi pengembangan SDM dilakukan melalui pelatihan berbasis digital, mentoring, penggunaan teknologi, dan transformasi penjualan ke digital marketing. Langkah strategis yang direkomendasikan meliputi penentuan keterampilan yang dibutuhkan, pelatihan soft skill dan hard skill berbasis digital, serta pemberian penghargaan kepada karyawan yang menunjukkan peningkatan keterampilan. Dengan strategi ini, CV. MGA diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan mengembangkan bisnis ritel secara berkelanjutan.