Desain UI/UX Aplikasi Rekam Medis untuk Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Data Pasien Medan Dental Center Cabang Johor dengan Metode User-Centered Design (UCD)
DOI:
10.33395/jmp.v13i2.14541Keywords:
Aplikasi Mobile, Akurasi, Efisiensi, Kualitas Pelayanan, UI/UXAbstract
Kemajuan teknologi membawa dampak besar bagi berbagai sektor, termasuk sektor kesehatan. Dalam upaya meningkatkan akurasi, efisiensi dan kualitas pelayanan, banyak fasilitas kesehatan, termasuk klinik gigi yang mulai memanfaatkan teknologi berbasis digital untuk mendukung operasional mereka. Salah satu inovasi yang sedang berkembang adalah aplikasi mobile penginputan data pasien berbasis digital untuk mengelola rekam medis pasien. Selama ini, banyak klinik gigi yang masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan dan pengelolaan rekam medis pasien. Meskipun metode manual ini masih banyak digunakan, sistem tersebut memiliki sejumlah kelemahan, di antaranya adalah rendahnya efisiensi, potensi kesalahan dalam pencatatan, serta keamanan data yang rentan terhadap kebocoran atau kerusakan. Kemajuan sistem informasi berkontribusi pada perampingan proses bisnis dan memberikan dukungan untuk kegiatan operasional dan strategis dalam organisasi. Teknologi yang jelas terlihat di masyarakat adalah pemanfaatan smartphone sebagai media utama untuk komunikasi. Penggunaan smartphone tidak hanya mempermudah komunikasi, tetapi juga mempercepat akses informasi, mendukung bisnis online, dan mengubah cara orang berinteraksi dengan teknologi. User Interface (UI) dan User Experience (UX) mengacu pada representasi visual dari aplikasi atau alat pemasaran digital, baik di seluler atau situs web, yang berupaya meningkatkan citra merek bisnis atau perusahaan. UI berkaitan dengan desain tampilan aplikasi, sementara UX berkonsentrasi pada elemen desain yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna saat terlibat dengan aplikasi tersebut.