Desain UI/UX Aplikasi Pembelajaran Kreativitas Siswa di SD Nanda Al Manaf berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Abdullah Muhammad Amin Khairul Rijal Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Heni Wulandari Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Hermansyah Hermansyah Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

10.33395/jmp.v13i2.14542

Keywords:

Aplikasi Mobile, Desain UI/UX, Kreativitas Siswa, Metode Design Thinking, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa di Sekolah Dasar (SD). Salah satu strategi inovatif yang digunakan adalah penerapan desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dalam aplikasi mobile untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain UI/UX aplikasi mobile terhadap peningkatan kreativitas siswa di SD Nanda Al Manaf, mengidentifikasi faktor pendukung efektivitasnya, serta mengevaluasi respons siswa terhadap aplikasi yang dikembangkan dengan metode Design Thinking. Metode penelitian ini mencakup pengembangan aplikasi mobile pembelajaran yang ramah pengguna dan interaktif dengan fitur seperti absensi, metode pembelajaran, kurikulum, dan profil sekolah. Implementasi UI/UX yang efektif dalam aplikasi mobile meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami materi, di mana faktor seperti navigasi yang mudah, tampilan visual yang menarik, dan fitur interaktif berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kreativitas siswa. Respons siswa terhadap aplikasi ini menunjukkan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain UI/UX yang diterapkan dalam aplikasi mobile berbasis metode Design Thinking mampu meningkatkan kreativitas siswa di SD Nanda Al Manaf. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi pendidikan berbasis UI/UX perlu terus dioptimalkan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan berdampak positif bagi siswa.

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Rijal, A. M. A. K., Wulandari, H. ., & Hermansyah, H. (2025). Desain UI/UX Aplikasi Pembelajaran Kreativitas Siswa di SD Nanda Al Manaf berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2542-2551. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14542