Penerapan Teknologi Web Dalam Pembelajaran Interaktif Sejarah Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Martin Samosir Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Hermansyah Hermansyah Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Leni Marlina Universitas Pembangunan Panca Budi

DOI:

10.33395/jmp.v13i2.14550

Keywords:

Tekonologi Web, Multimedia Interaktif, Sejarah, Design Thinking

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi pada masa saat ini mengalami kemajuan yang semakin pesat. Hal ini tentu menyebabkan terjadinya perubahan dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi di indonesia sudah semakin berkembang, pemanfaatan teknologi web dalam proses pembelajaran memberikan peluang besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, terutama untuk siswa sekolah dasar. Media  pembelajaran  yang  praktis  dan  inovatif  merupakan  salah  satu  faktor  utama dalam mencapai  keberhasilan  dari  tujuan  pembelajaran . Teknologi web menawarkan beragam media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa, seperti materi visual, video, game edukatif, dan simulasi yang memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi web dalam pembelajaran interaktif sejarah bagi siswa kelas VI sekolah dasar dengan menggunakan metode design thinking. Metode design thinking diterapkan untuk memahami kebutuhan siswa dan merancang website pembelajaran yang interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website ini berhasil meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi sejarah, serta mendapatkan penilaian positif dari guru dan siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi web dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memfasilitasi akses informasi yang relevan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan siswa di era digital. Dari Tabel 2 dan 3, dapat disimpulkan bahwa situs pembelajaran multimedia interaktif untuk siswa dasar memperoleh nilai rata-rata SUS sebesar 85,75. Hal ini dapat dilihat pada Gambar 14 di atas. Skala SUS menunjukkan grade B, sementara untuk penilaian subjektif, kategori yang diperoleh adalah Excellent, dan untuk Acceptability, hasilnya adalah Acceptable.

 

GS Cited Analysis

Downloads

How to Cite

Samosir, M., Hermansyah, H., & Marlina, L. . (2025). Penerapan Teknologi Web Dalam Pembelajaran Interaktif Sejarah Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Minfo Polgan, 13(2), 2582-2591. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i2.14550

Most read articles by the same author(s)