Analisa Perbandingan Sistem Pendeteksian Kemiripan Judul Skripsi Menggunakan Algoritma Winnowing Dan Algoritma Rabin Karp

Main Article Content

Lelawati Sibarani Magdalena Magdalena Abdi Dharma

Abstract

Dalam Perguruan Tinggi salah satu kewajiban yang harus dilakukan adalah penyelesaian tugas akhir yaitu skripsi. Sebagian besar mahasiswa saat ini banyak yang melakukan kecurangan atau pun cara yang tidak efektif dalam menyelesaikan skripsinya, salah satu yang sering dilakukan adalah copy-paste dari skripsi atau jurnal yang sudah ada sebelumnya atau bisa disebut plagiarisme. Tindakan plagiarisme atau penjiplakan ini dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu mereka yang dapat mengganti sebagian kata-kata dengan mengambil sinonim dari artikel tersebut. Solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan  system pendeteksian kemiripan judul atau pun teks skripsi yang dilakukan dengan menggunakan Algoritma Winnowing dan Algoritma Rabin-Karp. Algoritma winnowing ini digunakan untuk mendeteksi adanya keberadaan kesamaan kata dalam dua buah judul, sedangkan Algoritma Rabin-Karp digunakan untuk melakukan pendeteksian atau pun pencarian untuk string yang berjumlah banyak. Oleh sebab itu dengan adanya aplikasi ini akan sangat membantu dan memudahkan dosen atau pun kaprodi dalam melakukan pengecekan judul skripsi. Pengujian algoritma winnowing dan rabin-karp ini memiliki tingkat akurasi yang sudah mendekati 75% dan dirancang dapat membandingkan dua  judul skripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SIBARANI, Lelawati; MAGDALENA, Magdalena; DHARMA, Abdi. Analisa Perbandingan Sistem Pendeteksian Kemiripan Judul Skripsi Menggunakan Algoritma Winnowing Dan Algoritma Rabin Karp. REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 69-82, oct. 2019. ISSN 2541-1330. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/10174>. Date accessed: 21 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33395/remik.v4i1.10174.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 35 times ****************