Penggunaan Aplikasi eVoting Berbasis Decision Support Systems pada Pilkades (Studi Kasus : Desa Kedungbanjar, Taman, Pemalang)

Main Article Content

ANDI ROSANO Nur Ali Farabi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendukung  proses demokrasi di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi pada pemilihan kepala daerah/desa (pilkada/pilkades) dengan menggunakan aplikasi eVoting berbasis Decision Support Systems (DSS). Proses eVoting dipakai agar proses bisa berlangsung  dengan cepat, akurat, dan efisien. Sedangkan aplikasi DSS digunakan untuk membantu pemilih dalam menentukan pilihannya tepat sesuai dengan keinginannya. Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah membuat aplikasi eVoting berbasis DSS untuk diimplementasikan pada pemilihan kepala daerah/desa melalui kajian teoritis dan analisis kebutuhan. Metoda penelitian yang dilakukan adalah metode survey dalam pengambilan data, seperti wawancara dan kuesioner guna medapatkan data primer. Sedangkan data sekunder diperoleh dari  situs resmi Pemerintah Daerah, yang pada penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pemalang. Metoda analisis seperti Strength Weakness Opportunity Threats (SWOT) dan Critical Success Factor (CSF) dilakukan untuk mendukung perancangan aplikasi eVoting. Model Analitical Hierarchy Process (AHP) dan Database Relational digunakan pada perancangan aplikasi DSS. Hasil penelitian ini dalam bentuk rancangan aplikasi eVoting berbasis DSS, yaitu rancangan model, database, dan user interface. Pemanfaatan aplikasi eVoting berbasis DSS diharapkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses demokrasi dan dapat dimanfaatkan sebagai model aplikasi bagi pemilihan kepala daerah/desa lainnya di Indonesia.


 


Kata Kunci; eVoting, Database, Pilkades,  Decision Support System

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ROSANO, ANDI; FARABI, Nur Ali. Penggunaan Aplikasi eVoting Berbasis Decision Support Systems pada Pilkades (Studi Kasus : Desa Kedungbanjar, Taman, Pemalang). REMIK (Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 16-27, oct. 2019. ISSN 2541-1330. Available at: <https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/10196>. Date accessed: 13 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.33395/remik.v4i1.10196.
Section
Articles
**************** Abstract viewed = 44 times ****************