Implementasi Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (Moora) pada Kelayakan Pemberian Pinjaman Modal Usaha di Bank Syariah Mandiri

Authors

  • Muhammad Faisal Siregar Universitas Islam Sumatera Utara
  • Oris Krianto Sulaiman Universitas Islam Sumatra Utara

DOI:

10.33395/remik.v4i1.10401

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Kelayakan Pinjaman Modal Usaha, Metode Moora

Abstract

  Abstract—Bank Syariah Mandiri KCP Kampung Pajak merupakan salah satu bank milik pemerintah yang bergerak dalam usaha penyimpanan dan peminjaman dana kepada masyarakat. Dimana salah satu unit usaha yang utama yaitu peminjaman modal usaha kepada pemohon. Dalam proses menentukan kelayakan pemberian pinjaman modal usaha selama ini masih dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan wawancara dan survei. Selain itu masalah yang juga terjadi adalah penilaian yang dilakukan pimpinan dalam menentukan kelayakan pinjaman yang bersifat subyektif. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan kelayakan pinjaman modal usaha. Metode yang dipilih untuk memecahkan masalah ini adalah Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) yaitu mengelompokkan permasalahan kedalam kriteria-kriteria yang kemudian dikalikan dengan bobot preferensi kriteria.Hasil dari sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menentukan kelayakan pinjaman modal usaha yang tepat sesuai dengan pertimbangan dan perhitungan yang benar. Sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada pada perusahaan yang lain.           

GS Cited Analysis

References

[1] Aprianti,Winda.(Juni 2016).Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Sains Dan Informatika.Vol2.No.1
[2] Boki,Ridwan.(Desember 2016) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Calon Guru Berprestasi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Sarjana Teknik Informatika Vol 2(2).
[3] Elisabet,YA. (November 2016). Sistem Penunjang Keputusan Kelayakan Sertifikasi Guru Dengan Menggunakan Metode SAW. Jurnal Technology Acceptance Model. Vol 7(1).
[4] Indra, Griha. (Maret 2017). Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol 5(2)Hal 141.
[5] Nasyuha,Asyahri Hadi. (April 2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mandor Menggunakan Metode TOPSIS. Jurnal Saintikom. Vol 4(1).
[6] Nurmala Sari. (Agustus 2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Ahp Pada Pt. Transcoal Pasific Jakarta. Jurnal Teknik Komputer Bsi. Vol 4 (2).
[7] Reza, Novia. (Jun 2015).Implementasi Metode Moora Pada Penerimaan Beasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Teknik Informatika Muhammadiyah. Vol 1(1).
[8] Rivanto,Eko Arif. (Maret 2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teller Poling Terbaik Pada PT.BCA Tbk. Menggunakan Metode Saw.Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol 13(1).
[9] Rosa,Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek.Bandung: Penerbit Informatika.
[10] Setiawan,Andry. (Desember 2014). Rancang Abangun Edugame The World Of Word Berbasis 3d Dengan Implementasi Speech Recognition. Jurnal teknik informatika. Vol 1(1).
[11] Sukrianto, Darmanta. (Oktober 2017). Penerapan Teknologi Barcode Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembnaan Pendidikan (Spp). Jurnal intra tech Vol 1(2).
[12] Susanto, Hendri. (Januari 2018). Penerapan Metode Additive Ratio Assesment (Aras) Dalama Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menanmbah Massa Otot. Jurnal Majalah Inti. Vol 13(1).
[13] Syahputra, Trianda. (Juli 2018). Pemodelan Uml Manajemen Sistem Inventory.Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer Tgd. Hal 16.Vol 1.
[14] Taufiq, Ghofar. (Maret 2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kerja Keryawan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Vol XII(1).
[15] Wijaya, Hadi. (Januari 2015). Perancangan Dan Implementasi Metode Oreste Pada Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa. Jurnal Seminar Nasional Teknologi. Hal 389. Vol VII.No.1.

Downloads

How to Cite

Siregar, M. F., & Sulaiman, O. K. (2020). Implementasi Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (Moora) pada Kelayakan Pemberian Pinjaman Modal Usaha di Bank Syariah Mandiri. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 4(1), 196-209. https://doi.org/10.33395/remik.v4i1.10401